Foto: Spektrum perang antara Eropa dan Rusia tampak besar. Sumber: Pusat Studi Strategis Den Haag.

Oleh Jonathan Power*

LUND, Swedia | 29 November 2023 (IDN) — Trotsky, yang pernah menjadi kawan dekat Lenin, dilaporkan berkata, “Anda mungkin tidak tertarik pada perang, tetapi perang tertarik pada Anda”. Ketika ada pembicaraan tentang penggunaan senjata nuklir, kita harus berhenti sejenak untuk memikirkan hal ini. 

Hal inilah yang tampaknya terjadi pada Presiden Joseph Biden ketika menyangkut kebijakannya terhadap Rusia dan Ukraina. Mereka berada dalam bahaya menantang Rusia sendiri secara langsung. Beberapa dari kita berharap bahwa setelah upaya agresif mendorong garis depan NATO pada masa Presiden Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama, Biden, dengan akumulasi kebijaksanaannya dalam kebijakan luar negeri, mungkin bisa menghentikannya.

Meningkatnya jumlah negara dalam NATO telah menyebabkan tingkat permusuhan antara Rusia, AS, dan Eropa yang diperkirakan telah hilang begitu Perang Dingin berakhir pada tahun 1991.

Sekarang, alih-alih perdamaian dan kerja sama seumur hidup yang terbentang di hadapan kita, seperti yang diperkirakan secara luas, kita malah dihadapkan pada Rusia yang terlibat dalam serangan senjata nuklir. Nuklir dan AS berupaya untuk memperluas perbatasan NATO lebih jauh lagi hingga ke perbatasan Rusia dan menciptakan ketegangan. mengenai keterlibatan Rusia dalam pergolakan di Ukraina, menggunakan sanksi ekonomi dan mengirimkan pasokan ke mesin perang Ukraina.

Beberapa pengamat berbicara tentang perang yang akan terjadi antara Barat dan Rusia. Mungkinkah Trotsky benar? Meskipun hal ini mungkin tidak akan terjadi selama Perancis tetap menjadi Perancis dan bersedia memveto setiap tindakan militer NATO, hal ini mungkin merupakan “hal yang sangat dekat” (seperti yang seharusnya dikatakan oleh Duke of Wellington setelah kemenangan atas Napoleon di pertempuran Waterloo).

Putin, saya yakin, tidak tertarik pada perluasan wilayah, namun dia tertarik agar Rusia tidak terancam.

Bagaimana Amerika menipu Rusia

Hal ini terjadi pada masa Presiden Boris Yeltsin, presiden terpilih pertama Rusia, yang berkali-kali dimanfaatkan oleh Clinton, yang sering melakukan tawar-menawar yang sulit pada malam hari ketika Yeltsin, yang tidak selalu dalam kondisi baik, sedang lelah dan telah minum terlalu banyak vodka.

Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev yang pernah menjadi mitra Barat dalam mengakhiri Perang Dingin percaya bahwa ia memiliki pemahaman dengan Presiden HW Bush dan Menteri Luar Negeri Jerman Hans-Dietrich Genscher bahwa sebagai imbalannya mengizinkan Jerman bersatu kembali dan bersatu. Jerman menjadi anggota NATO tidak akan pernah ada perluasan NATO lebih lanjut.

Memang benar, ada pembicaraan serius mengenai Rusia yang akan menjadi anggota NATO dan Rusia yang akan bergabung dengan “European House”, seperti yang diungkapkan Gorbachev, begitu pula Putin. Para tokoh yang paling berpengaruh dalam kebijakan luar negeri AS, Henry Kissinger, Zbigniew Brzezinski, dan George Kennan, semuanya memperingatkan agar tidak menekan Rusia terlalu keras dengan memperluas NATO terlalu jauh dan terlalu cepat.

Menteri Pertahanan era Clinton, William Perry, berargumen pada sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh surat kabar Inggris, The Guardian, bahwa kemajuan antara Rusia dan AS telah “disia-siakan” lebih karena tindakan AS dibandingkan tindakan Rusia. “Dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar kesalahan diarahkan pada tindakan yang diambil Putin. Namun pada tahun-tahun awal, saya harus mengatakan bahwa AS patut disalahkan. Tindakan pertama kami yang benar-benar mengarahkan kami ke arah yang buruk adalah ketika NATO mulai melakukan ekspansi, membawa negara-negara Eropa Timur.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa keputusan tersebut mencerminkan sikap menghina para pejabat Amerika terhadap bekas negara adidaya yang bermasalah tersebut.

Kesalahan besar kedua, katanya, adalah keputusan pemerintahan Bush untuk mengerahkan sistem rudal balistik di Eropa Timur dalam menghadapi tentangan keras dari Moskow. “Kami merasionalisasi sistem ini karena mampu bertahan melawan rudal nuklir Iran – namun mereka tidak memiliki jangkauan tersebut, cukup kuat untuk membawa senjata nuklir. Pihak Rusia berkata, 'Tunggu sebentar, ini melemahkan pencegahan kami'. Masalah ini sekali lagi tidak dibahas berdasarkan manfaatnya – hanya sekedar 'siapa yang peduli dengan apa yang dipikirkan Rusia?'”

Dukungan untuk revolusi di Ukraina

Pemerintahan Obama kemudian memodifikasi sistem rudal yang berbasis di Eropa Timur, menggantikan rudal jarak jauh dengan rudal pencegat jarak menengah. Rusia menyambut baik hal ini tetapi dengan tegas menyatakan bahwa rudal-rudal tersebut masih dapat diarahkan ke Rusia dan menginginkan jaminan dan jaminan bahwa rudal-rudal tersebut tidak akan diarahkan ke Rusia.

Belakangan muncul keputusan Amerika dan Uni Eropa untuk mendukung revolusi di Ukraina, meskipun tidak ada alasan kuat untuk melakukan hal tersebut karena ada pemilu yang mungkin akan menyingkirkan pemerintah yang bersimpati kepada Rusia. Selain itu, kebijakan Barat berarti menoleransi militan yang merupakan anggota organisasi yang memiliki silsilah fasis.

Daripada ikut campur dalam kekacauan politik di negara yang sangat korup, Obama dan penerusnya seharusnya memusatkan energi mereka pada pengurangan persenjataan nuklir yang dimiliki oleh AS dan Rusia. (Obama adalah presiden terakhir yang membuat perjanjian pengurangan senjata nuklir, meskipun perjanjian tersebut agak terbatas dan tidak memberikan kompensasi terhadap perjanjian perlucutan senjata nuklir yang telah dibatalkan oleh AS.)

Dapatkah Biden melakukan hal yang benar dan memperbaiki kerusakan serta membuktikan bahwa Trotsky salah? Dilihat dari kebijakan-kebijakannya saat ini, saya mulai meragukannya, dan Ukraina mungkin akan menjadi batu loncatan menuju sesuatu yang lebih buruk dan lebih mencakup semua hal. Perang sedang mengejar negara-negara Barat.

*Jonathan Power selama 17 tahun menjadi kolumnis dan komentator urusan luar negeri untuk International Herald Tribune, sekarang New York Times. Dia juga menulis lusinan kolom untuk New York Times, Washington Post, Boston Globe dan Los Angeles Times. Dialah orang Eropa yang paling banyak muncul di halaman opini surat kabar ini. [IDN-InDepthNews]

Kunjungi: www.jonathanpowerjournalist.com

Foto: Spektrum perang antara Eropa dan Rusia tampak besar. Sumber: Pusat Studi Strategis Den Haag.